1.
Operasional ojek merupakan
kesepakatan semua tukang ojek di suatu pangkalan. Biasanya mereka menggunakan
sistem datang terlebih dahulu untuk mendapatkan penumpang secara bergiliran
sehingga tidak terjadi keributan dan perebutan penumpang.
Tidak hanya pelajar dan mahasiswa
saja yang bisa membentuk suatu organisasi, tapi para tukang ojek pun memiliki
suatu organisasi yang disusun dan diatur secara baik. Misalnya dalam
operasionalnya, ojek diatur berdasarkan kesepakatan yang telah disepakati. Seperti
siapa yang datang lebih dahulu, maka ia yang mendapat nomor urut pertama dalam
mendapatkan penumpang dan begitu seterusnya. Menurut Bapak Ujang -salah satu
tukang ojek di SMAN 1 Tambun Selatan- mereka biasa melakukan sistem datang
terlebih dahulu untuk mendapatkan penumpang secara bergiliran sehingga tidak
terjadi keributan dan perebutan penumpang. Dalam hal ini, beliau menegaskan
bahwa sistem yang mereka lakukan ini berdasarkan pada kesepakatan bersama.
Mereka juga memiliki sebuah buku catatan giliran atau nomor urut. Sehingga saat
saat tukang ojek sudah kembali dari mengantarkan penumpang, ia harus mengisi
buku catatan tersebut.
Keuntungan menjadi tukang ojek
ö
Tidak memerlukan pendidikan yang tinggi
ö
Tidak mengeluarkan modal terlalu banyak
ö
Profesi ini merupakan profesi yang santai
ö
Profesi ini tidak terikat