Onta Nabi Shalih


Bangsa tsamud merupakan bangsa `ad generasi kedua. Mereka memiliki peternakan dan pertanian yang amat berlimpah .meraka sanggup merubah tanah menjadi istana yang indah.Gunung – gunung batu bisa mereka jaikan gedung-gedung yang indah. Akan tetapi mereka mengingkari bahwa semua itu adalah nikmat dari allah.danmereka beribadah kepada selain allah.
Lalu allah utus seorang rasul yang berasal darisaudara mereka sendiri,yaitu nabiSholeh as.Mereka mengenali nabi Sholeh.mereka mengerti tentang nasab dan kedudukannya. Mereka jugatahu keutamaan nabi Sholih ‘alaihi salam , serta kejujuran sifat amanah beliau.maka nabi Sholih as menyuruh kaumnya ,agar kembali kepada allah , dan agar meninggalkan semua yang mereka sembah,selain allah.Nabi Sholih ‘alihi salam kan m tsamud akan nikmat-nikmat allah.akantetapi,tidakada yang mengikutinya kecuali amat sedikit.
Pada suatu hari, ketika kaum tsamud berkumpul di tempat pertemuan mereka, datang lah nabi Sholih dan mengajak mereka kepada jalan allah. Ia mengingatkan ,menyuruh berhati-hati,menasehati,dan menyeru kaumnya.maka kaumnya berkata”jika enkau bisamengelarkan seekor onta betina untuk kami dari batu besar dan keras ini,seekor onta dengan sifat – sifat demikian … demikian … ,”lalu kaum nabi sholih menyebutkan sifat – sifat dan tanda – tanda yang mereka inginkan.Maka berkata nabi Sholih kepada merka,”bagaimana menurut pendapat kalian jika aku mengabulkan permintaan kalian itu,apakah kalian akan beriman dengan apa yang aku telah datang kpd kalian ,dan membenarkan apa yang dengannya aku di utus? “maka mereka menjawab , “iya!” maka nabi salih mengambil dan memegang janji mereka. Setelah itu nabi sahlih pergi ke tempat salatnya, lalu ia mengerjakan shalat.setelah itu,beliau berdoa kepada rabbnya agar mengabulkan permintaan kaumnya.allah perintahkan kepada batu besar dan keras tersebut agar mengeluarkan unta betina yg besar,sesuai keinginan kaum nabi shalih itu.
Setela unta betina itu muncul,mereka menyaksikan pemandangan yg luar biasa.juga bukti yang sangat jelas.akhirnya,banyak diantara mereka yg beriman.tetapi,yg tidak beriman lebih banyak lagi.mereka tetap dalam kekafiran,kesesatan,dan keingkaran mereka.
Nabi shalih berkata,”ini adalah unta allah,yg tidak sama dgn unta-unta lain. Balam bentuk,keutamaan,serta manfaatnya bagi kalian.unta ini adalah salah satu tanda kekuasaan allah akan kejujuran ku,dan luasnya Rahmat Rabb kalian.maka biarlah ia makan di bumi allah.allah lah yang akan rezekinya.dan kalian dapat memanfaatkanya.kalian bisa mengambil air bergantian dengan unta ini setiap satu hari.dan kalian juga boleh memerah susunya,dan memenuhi bejana kalian.”maka hal ini terus berlanjut sampai waktu yg di khehendaki allah.
Demikianlah nabi shalih mengingatkan,agar kaumnya tidak menganggu unta itu.karna jika mereka melanggarnya,allah akan timpakan azab yg pedih.
Pada saat itu, di kota mereka ada 9 tokoh yang menjadi syaithon di tengah kaumnya. Mereka selalu menentang keras apa dibawa nabi sholih. Mereka halangi manusia dari jalan allah. Mereka juga berbuat kerusakan dibumi. Nabi shalih telah mengingatkan mereka,agar jangan menyembelih onta tersebut. Namun, Sembilan tokoh itu bermusyawarah untuk menyembelih onta itu. Bangkitlah salah seorang yang paling celaka dalam kabilah mereka. Mereka mengirimnya untuk menangkap dan menyembelih onta nabi shalih. Semua mendukung, dan member semangat. Unta itu akhirnya disembelih!
Ketika nabi shalih melihat hal itu, tahulah beliau, bahwa azab pasti akan datang. Karaena kejahatan mereka sudah sampai puncaknya. Tidak ada harapan untuk diperbaiki lagi. Berkatalah nabi shalih kepada mereka.’’bersenanglah dirumah kalian selama 3 hari. Hal itu adalah janji tak dapat didustakan’’.
Selama 3 hari, 9 tokoh jahat tadi bersepakat untuk membunuh nabi shalih merekapun berjanji dan bersumpah akan menyimpan rahasia tersebut. Agar idak diketahui oleh kerabat nabi shalih.
Karena kerabat nabi shalih adalah orang yang terpandang dan mulia dinegeri itu. Mereka berkata, ‘’sungguh kami benar-benar akan menyerang dia & keluarganya dimalam hari dengan tiba-iba. Kemudian jika keluarganya mengira kita yang membunuhnya, kita bersumpah dihadapan merka, ‘’kami tidak menyaksikan kematian keluarganya itu (nabi sholih) dan sesungguhnya kami adalah orang-orang yang benar’’.
Mereka segera melaksanakan makar yang besar ini. Tetapi allah membalas maker tersebut untuk menolong nabi shalih. Maka ketika mereka bersembnyi dibalik gunung untuk mernyergap nabi shalih, allah mulai mengazab mereka. Maka mereka menjadi orang yang pertama masuk neraka jahannam, diantara kaumnya. Kepada mereka dari atas gunung. Matilah mereka dengan cara yang mengerikan.
Kemudian setelah berlalu 3 hari semenjak peristiwa ini, datanglah sebuah teriakan yang menggelegar dari atas mereka, dan gempa yang dahsyat dari bawah mereka. Akhirnya, matilah mereka semua. Dan allah menyelamatkan nabi shalih serta orang-orang yang beriman bersama beliau. Nabi shalih pun meninggalkan mereka seraya berkata, ‘’wahai kaumku, sesungguhnya aku telah menyampaikan kepada kalian risalah robbku. Dan aku telah menasehati kalian, akan tetapi kalia tidak menyukai orang-orang yang member nasehat.’’
Share this article :
 

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Rawa Banteng Blogger - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger